Beranda Uncategorized Modal 20 juta bisa menjadi Pelopor budidaya Lele dengan Sistem sirkulasi

Modal 20 juta bisa menjadi Pelopor budidaya Lele dengan Sistem sirkulasi

1
0

Blora //suaraglobal.id – Anwar seorang warga Sumberpitu kelurahan Nglanjuk kecamatan Cepu kabupaten Blora ini menjadi pelopor di wilayahnya tentang budidaya lele menggunakan sistem sirkulasi yang sangat jarang dilakukan oleh banyak pembudidaya pada umumnya.

Anwar selaku pembudidaya dengan sistem sirkulasi ini mengatakan, bahwa sistem ini dipakai di usaha pembesaran lelenya karena dirasa cukup bisa mengurangi bau kolam lele yang disebabkan oleh kotoran lele dan sisa makanan lele yang mengendap di dasar kolam.

” Sistem ini saya buat agar mengurangi bau kolam dan lebih membantu proses pembesaran ikan lele dan tentunya juga lebih sehat karena saya membuat kolam ini di tengah -tengah pemukiman warga ” katanya di lokasi kolam ikan lele, kamis (14/7/2022).

Baca Juga :  Wisata Bulaga Sendang Pucakwangi Jadi Tempat Santunan Pemuda Pancasila Babat

Hasil dari pembudidayaan lele ini rencananya tidak hanya dijual secara langsung kepada konsumen tetapi lebih diolah menjadi beberapa makanan lainnya, seperti : lele asap, lembuning, sosis, naget dll.

Anwar juga mengatakan bahwa semua usaha ini hanya membutuhkan biaya sekitar 20 jutaan untuk 6 kolam sirkulasi dan bisa menghasilkan keuntungan bersih sekitar 300 ribuan/ kolam, jadi sekitar 1,8 juta/ panen sedangkan panen bisa dilakukan sekitar 2bulan sekali,

Baca Juga :  Polres Bogor Berhasil Menangkap Pelaku Penculikan Anak

Ia berharap semoga dengan usahanya ini bisa menjadi pelopor masyarakat di desanya untuk bisa ikut melakukan budidaya tersebut karena disana masih besar kesempatan berwirausaha sebagai peternak ikan lele, serta ia berharap semoga pemerintah juga bisa memfasilitasi guna perkembangan usahanya,

Ayo budidaya ikan lele dengan sistem sirkulasi agar bisa memajukan ekonomi sekitar sebagai basis kemajuan UMKM di indonesia. ( Solekhan )

Artikulli paraprakTebing Setinggi 7 Meter Longsor di Dramaga, Membuat Panik Warga
Artikulli tjetërBeri Rasa Aman Umat Kristiani Saat Beribadah, Polres Banjarnegara Lakukan Pengamanan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini