Surabaya//suaraglobal.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya terus berupaya mengejar target realisasi aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Hingga saat ini tercatat, realisasi aktivasi IKD di Kota Surabaya telah mencapai 139.970.
Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan pihaknya masih terus berproses mengejar target capaian IKD hingga akhir bulan Desember 2023.
“Untuk seluruh Indonesia, ditarget 25 persen (dari total penduduk) sampai bulan Desember 2023. Nampaknya semuanya sulit untuk mencapai itu,” ujarnya, Jum’at (13/10/2023).
Masih kata Eddy, ada sejumlah hal yang menjadi kendala dalam realisasi aktivasi IKD. Salah satunya masih banyak pelayanan publik yang dilakukan pemerintah dan swasta belum memanfaatkan IKD.
“Di Surabaya yang sudah memanfaatkan ada Bank Jatim. Kemudian kantor-kantor rumah sakit pemerintah, ada RSUD dr Soewandhie dan RSUD Bhakti Dharma Husada. Kita sekarang dengan Imigrasi supaya memanfaatkan,” ungkapnya.
Dia meyakini bahwa, apabila seluruh layanan publik swasta maupun pemerintah sudah memanfaatkan IKD, maka otomatis masyarakat juga turut serta melakukan aktivasi.
“Kalau semuanya sudah memanfaatkan, pastinya masyarakat akan melakukan aktivasi IKD,” terang Eddy.
Meski demikian, Eddy kembali memastikan, akan terus berproses mencapai target realisasi aktivasi IKD hingga akhir Desember 2023. Salah satu upaya yang dilakukan menjalin kerjasama dengan kepolisian hingga perusahaan swasta di Surabaya.
“Kita kerjasama dengan polres untuk seluruh anggota polres dan jajarannya agar melakukan aktivasi IKD. Juga kerjasama dengan perusahaan swasta yang memiliki karyawan banyak agar melakukan IKD,” ungkap dia.
Di sisi lain, Eddy menyatakan, pihaknya masih terus gencar membuka pelayanan aktivasi IKD di sejumlah titik lokasi. Salah satunya yakni, setiap akhir pekan dengan membuka layanan aktivasi IKD di mal-mal Surabaya.
“Setiap Sabtu dan Minggu kita laksanakan perekaman di mal. Kemarin di PTC, di Galaxy Mal, Grand City dan BG Junction, itu setiap Sabtu dan Minggu,” tuturnya.
Pelayanan aktivasi IKD yang disediakan Dispendukcapil Surabaya di mal, mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat. Sebab, lanjut kata Eddy, sembari jalan-jalan, mereka bisa mendapatkan layanan aktivasi IKD.
“Jadi, mereka memanfaatkan itu layanan aktivasi IKD,” sebutnya. (uzi/red)