Beranda Agama Perayaan Paskah Persekutuan Umat Kristiani Sumatera Utara (PUKSU) Tahun 2023 Sukses Terlaksana

Perayaan Paskah Persekutuan Umat Kristiani Sumatera Utara (PUKSU) Tahun 2023 Sukses Terlaksana

7
0

Medan // suaraglobal.id

Perayaan Paskah Persekutuan Umat Kristiani Sumatera Utara (PUKSU Sumut) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Organisasi PUKSU Sumut bertempat di GPT Kristus Gembala , Jalan Panci no.52 Kota Medan Sumatera Utara , Sabtu , 06 Mei 2023 , mulai pukul 16.00 wib sore hingga selesai .

Telah sukses mendatangkan sekitar 900 Umat Kristiani dari berbagai denominasi gereja dan organisasi keumatan kristen. Perayaan Paskah kali ini berbeda dengan perayaan-perayaan sebelumnya, dikarenakan ada beberapa event yang digabung sekaligus dalam satu hari. Kegiatan seperti Medical Check Up Gratis, Pembagian sembako bagi para Lansia dan warga yang kurang mampu, Pengadaan Hadiah Doorprize, Penampilan 10 paduan suara se Kota Medan dan terutama Ibadah Paskah yang dilayani oleh Hamba Tuhan Lintas Denominasi Gereja.

Perayaan Paskah Persekutuan Umat Kristiani Sumatera Utara diisi dengan Renungan Paskah yang dibawakan oleh Pdt. Dr. Sony G Budiono yang adalah Gembala Sidang GPT Kristus Gembala, Jalan Panci dan merupakan Pimpinan Biro Kepemudaan GPT Pusat. Untuk Prosesi dibawakan oleh Pdt. Dr. Janes Qoheleth yang merupakan Pimpinan Persekutuan Baptis Indonesia yang biasa disingkat PBI Sumut. Untuk Doa Pembuka diisi oleh Pdt. Dr. Torang Pasaribu yang adalah Ketua PGLII Kota Medan. Selanjutnya, Doa Persembahan dilayani oleh Pdt. Sabar Manik, M.Th yang saat ini didaulat sebagai Ketua Umum PERSURA, dan terakhir Doa Syafaat diisi oleh Bishop Gereja Methodist Wesley, Raja Romalbest Silitonga, P.HD.

Baca Juga :  Musabaqoh Tilawatil Qur'an Tingkat TPQ se Kecamatan Modo Sumber Semangat Santri Di Era Modernisasi

Dalam kata sambutan dari Ketua Panitia Paskah PUKSU Sumut, Bapak Dody Lukas, S.Th., M.M, Perayaan Paskah kali ini mengusung Tema : “Kebangkitan Kristus Mengalahkan Maut”, dan Subtema, “Dengan Kuasa Kebangkitan Kristus, Umat Kristiani Sumatera Utara bangkit dari Keterpurukan Dosa”. Ada tiga makna dari Tema dan Subtema tersebut yaitu yang pertama, Ini adalah Pembuktian bahwa Yesus benar-benar memberikan diriNya disalibkan, mati untuk menebus dosa manusia. Yang kedua, bahwa Kuasa dosa telah dikalahkan, Maut tidak ada taringnya lagi. Yang ketiga, Manusia dapat bangkit dari keterpurukan dosa. Jadi tiga variable diatas memberikan Semangat Baru dan Jaminan Hidup dimasa mendatang. Ada Kepastian, ada harapan, ada hari esok yang penuh dengan Pengharapan.

Dalam Sambutan dari Walikota, yang diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup, Ibu Ruth Tobing menyampaikan bahwa Peranan Gereja itu sangat penting dalam meningkatkan kerukunan antar umat beragama di kota Medan. Selanjutnya, Kata Sambutan dari Gubernur Sumatera Utara, yang dibawakan oleh Kadis Perhubungan, menekankan Pentingnya menumbuhkan Keimanan ditengah dunia yang tidak pasti. Pandemic covid telah berlalu, saatnya Umat Kristiani berbenah dan bekerja lebih giat lagi.

Dalam kata sambutan yang dibawakan secara Virtual oleh Bapak Jendral TNI (P) Dr. H. Moeldoko, S.I.P, Umat Kristiani Sumatera Utara harus kuat dan mampu beradaptasi ditengah tantangan global yang begitu tidak pasti, dimana situasi global mengharuskan Umat Kristiani untuk mengupgrade diri dan meningkatkan kapasitas maupun kapabilitas diri untuk menghadapi tantangan dan ancaman global.

Baca Juga :  Adakan Tahlil Akbar Menuju Satu Abad (MWCNU) Dilapangan Desa Tritunggal Kecamatan Babat

Kata Sambutan secara Virtual dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, menjabarkan Bahwa Paskah adalah momentum untuk mempererat persatuan dan menjaga kesatuan bangsa. Dan melalui paskah ini, kita bisa menjaga keimanan kepada Tuhan yang masa Esa.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK RI) Bapak Muhajir Effendy, yang diwakili oleh Asisten Deputi Moderasi Beragama Kemenko PMK RI menyampaikan bahwa Pentingnya kita meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama sesuai dengan visi misi bapak Presiden yaitu Gerakan Nasional Revolusi Mental. Yang dimana dibutuhkan karakter-karakter yang kuat untuk mengadakan pembaharuan mental demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Tampak hadir Perwakilan Menko PMK RI, Asdep Moderasi Beragama (Thomas Ardian Siregar), Secara Virtual Bapak Menparekraf RI; Sandiaga Salahuddin Uno. Bapak KSP RI, Jendral TNI (P) Dr. H. Moeldoko, S.I.P, Perwakilan Gubernur oleh Kadis Perhubungan, Perwakilan Walikota oleh Dinas Lingkungan Hidup (Ibu Ruth Tobing) dan segenap Tamu Undangan dan Umat Kristiani.(Red/Tim)

Artikulli paraprakGiat Halal Bihalal di Area Terbuka, Konsolidasi Pemenangan Pemilu Legislatif Serta Persiden
Artikulli tjetërRisa KDI Hadiri Wisuda Serta Pelepasan Kelas XII SMA Tamansiswa Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2022 – 2023
Admin Dan Penulis Media Suaraglobal.id